Selasa, 14 Juli 2015

Konsep Drainase : Swale


Saluran ini berfungsi sebagai pembawa air hujan (small rain) dan umumnya memiliki kemiringan yang landai. Selain itu, dengan adanya saluran ini, kecepatan aliran permukaan dapat dikurangi karena limpasan yang melaluinya sebagian akan masuk ke dalam tanah melalui penyaringan dan infiltrasi. Saluran ini memungkinkan untuk terjadinya pengendapan sedimen sehingga dapat mengurangi polutan yang dibawa oleh limpasan tersebut. Saluran rumput efektif apabila kedalaman air minimum, sedangkan waktu tinggalnya maksimum. Stabilitas saluran rumput dan kemampuan pengurangan polutan dipengaruhi oleh erodibilitas tanah, kemiringan saluran, dan kerapatan tanaman.

Beberapa area sering menggunakan swale dalam desain drainase kawasannya. Kawasan yang penulis perhatikan menggunakan desain ini sebagian besar adalah kawasan taman. Salah satu contohnya adalah di daerah Taman Bunga Nusantara. Berikut merupakan swale yang berada di TBN Cipanas :
 
Selain itu di sepanjang jalan tol jagorawi menggunakan sistem swale di area badan jalannya. Namun sayangnya pelebaran ruas jalan mulai menggusur konsep drainase ini. Exit tol bogor masih mempertahankan sistem ini. Bila kita melewati daerah ini ketika sedang hujan dapat terlihat jelas aliran airnya. Namun bila hari tidak hujan maka saluran ini terlihat seperti taman berumput yang indah.

Di beberapa titik kawasan Universitas Indonesia juga menerapkan sistem swale.

Pemilihan bentuk drainase yang tepat dapat menambah aksen natural pada sisi landscape. Namun jangan pernah mengira bila pembuatan desain swale seperti ini ‘hanya yang penting ada saluran’. Pada dasarnya, dalam mendesain saluran drainase harus diperhatikan aspek-aspek seperti curah hujan, kemiringan, bentuk saluran, hingga material saluran. Pada desain swale yang diubah hanyalah faktor material saluran, namun faktor lainnya tetaplah sama.

Desain ini seharusnya dapat diaplikasikan pada konsep landscape suatu bangunan hijau. Terlebih lagi pada regulasi terakhir terkait kolam resapan dapat berbentuk saluran resapan. Swale merupakan salah satu bentuk saluran resapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disewakan Khusus Untuk Mahasiswa

 Berawal dari kebutuhan survei suatu lokasi, saya membeli beberapa alat, antara lain: 1. Alat pengukur curah hujan NETA 250 2. Thermometer, ...